Tips Sederhana dan Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah

Tips Sederhana dan Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah

cara mengatasi kaki pecah pecah

Kebiasaan tidak menggunakan alas kaki saat berjalan bisa memicu timbulnya masalah pada tumit. Selain itu masih banyak faktor lainnya seperti aktivitas yang berlebihan, cuaca, lingkungan kurang bersih, dan lain-lain. Kadang penyakit ini bisa disembuhkan secara cepat tanpa perlu menggunakan obat. Namun agar prosesnya lebih cepat, gunakan cara mengatasi kaki pecah pecah dengan obat alami yang bahannya mudah ditemukan.

Tips dan Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Kaki adalah bagian terbawah dari anggota tubuh namun tidak berarti kesehatannya bisa diabaikan. Pastinya Anda akan malu jika tumit kering dan pecah-pecah dan tidak terlihat elok saat menggunakan sepatu. Dan yang lebih parah adalah timbul gatal serta kulit mengelupas. Ada banyak tips dan juga cara mengatasi kaki pecah pecah yang bisa Anda lakukan, antara lain.

  1. Gunakan pelembab

Kaki yang kering pertanda kurang cairan pada daerah tersebut. Inilah yang menyebabkan kadang kulit terkelupas dan terasa perih. Untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan rajin mengaplikasikan pelembab setelah mandi dan sebelum tidur. Tidak hanya bermanfaat sebagai obat penyakit kaki pecah-pecah, tapi juga bisa merawat kesehatan tumit.

  1. Bersihkan kaki dari kuman dan kotoran

Munculnya penyakit ini dapat disebabkan oleh kuman. Kebiasaan yang jorok harus dihindari karena bisa menimbulkan berbagai penyakit. Saat dari luar rumah, biasakan mencuci kaki sampai bersih dan bila perlu gunakan sabun agar kuman hilang. Aktivitas ini selain sebagai cara mengatasi kaki pecah pecah, manfaat lainnya adalah melindungi tubuh dari serangan penyakit yang berasal dari kuman dan bakteri

  1. Rendam kaki dengan air hangat

Kebiasaan yang baik bisa memberikan efek positif bagi tubuh. Seminggu sekali biasakan merendam kaki menggunakan air hangat. Aktivitas ini bisa menghilangkan pegal, memperlancar aliran darah, dan juga mempercepat pengangkatan kulit mati yang akan digantikan oleh sel baru. Tambahkan serbuk daun mint agar memberikan efek segar.

  1. Kenakan sepatu sesuai dengan ukuran

Di pasaran banyak dijual sepatu khusus untuk tumit yang retak. Anda bisa menggunakan produk ini agar tidak merasakan sakit saat berjalan. Langkah pencegahan selanjutnya adalah dengan mengenakan sepatu atau sandal sesuai dengan ukuran dan terbuat dari bahan yang halus serta mudah menyerap keringat. Barang yang tidak bermutu justru mempermudah persebaran kuman dan efeknya muncul masalah pada kaki.

  1. Hindari tempat terlalu lembab

Saat banjir misalnya, usahakan menggunakan sepatu yang tahan air agar kondisi kaki tetap kering. Ini untuk mencegah munculnya penyakit kutu air dan kaki pecah-pecah. Sering-seringlah mencuci bagian telapak dan tumit dengan sabun anti bakteri dan kuman.

Kelima cara mengatasi kaki pecah pecah yang telah disebutkan diatas, bisa memberikan sedikit info mengenai cara mencegah dan pengobatannya. Merawat kesehatan menjadi kunci agar terhindar dari masalah tumit kering dan retak.

Share This Post