Penyebab Rambut Sering Rontok, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Sering Rontok, Berikut Cara Mengatasinya

cara merawat rambut rontok

Memiliki rambut yang sering rontok merupakan masalah besar yang sering dihadapi oleh banyak orang, khususnya bagi wanita. Apalagi jika kerontokan tersebut dialami setiap hari dalam jumlah kerontokan yang cukup bayak, hal tersebut akan menyebabkan kebotakan dini. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk merawat rambut agar terhindar dari kebotakan dini. Apalagi rambut merupakan mahkota bagi banyak orang sehingga penting untuk dijaga kesehatannya. Memiliki rambut yang indah, halus, dan tidak rontok merupakan impian banyak orang. Anda harus mengerti cara merawat rambut rontok untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

Pentingnya Menjaga Rambut Agar Tidak Rontok

Penyebab rambut yang sering rontok dapat terjadi karena beberapa alasan seperti kualitas kepala yang memang bermasalah, kebanyakan mengonsumsi obat-obatan, kekurangan zat besi, rambut yang tidak dirawat dengan baik, dan perubahan hormon yang terdapat dalam tubuh. Kerontokan rambut dapat mengakibatkan banyak orang kehilangan kepercayaan dirinya sehingga menjaga kualitas rambut penting untuk dilakukan. Dibawah ini cara merawat rambut rontok yang bisa Anda lakukan dengan bahan alami.

  1. Teh Hijau

Selain untuk minuman kesehatan, teh hijau juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Untuk mengatasi kerontokan rambut menggunakan teh hijau, Anda hanya perlu merebus sekitar 3 kantong teh hijau yang nantinya akan digunakan untuk membilas rambut Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan setiap 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Teh hijau juga bisa digunakan untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari sinar matahari langsung, membuat rambut semakin sehat, dan mencegah rambut bercabang.

  1. Lidah Buaya

Cara merawat rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Anda pasti tidak asing jika lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang cocok dan bagus digunakan untuk perawatan rambut. Lidah buaya dapat menyeimbangkan antara tingkat pH dengan kulit kepala. Selain itu, gel yang terkandung dalam lidah buaya juga dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut. Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat untuk rambut dengan cara meremas daun lidah buaya dan pijatkan ke area permukaan kulit kepala, pijat selama kurang lebih 15-20 menit, jika sudah bisa langsung dibilas dengan air.

  1. Kentang

Walaupun kebanyakan kentang diolah menjadi makanan, ternyata kentang juga bisa digunakan untuk membantu dalam mengurangi rambut rontok karena kekurangan kalium. Melakukan perawatan rambut dengan menggunakan kentang cukup mudah, Anda hanya perlu mengupas kentang lalu haluskan dan peras halusan kentang tersebut untuk mendapatkan sari airnya. Lalu beri satu sendok madu dan campurkan ke dalam hasil perasan tersebut. oleskan ke rambut dan tunggu sekitar 15 menit. Setelah itu, Anda dapat membilasnya dengan shampo biasa.

  1. Kemiri

Banyak orang yang menggunakan kemiri sebagai bahan untuk cara merawat rambut rontok karena kemiri dipercaya dapat menguatkan akar rambut dan menumbuhkan rambut. Selain untuk rambut rontok, kemiri juga bisa digunakan agar rambut telah sehat dan hitam. Untuk mengatasi kerontokan dengan rambut menggunakan kemiri dapat dilakukan dengan mudah, Anda hanya perlu menyangrai dan menumbuk kasar kemiri untuk mengeluarkan minyak dari kemiri tersebut. Minyak tersebut lalu diusapkan ke kulit kepala dan bilas dengan shampo.

Itulah beberapa cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan alami. Selain menggunakan bahan alami, Anda juga bisa melakukan perawatan rambut dengan penggunaan shampo yang tepat, mengonsumsi makanan yang bernutrisi, tidak mengikat rambut terlalu kuat, dan selalu menjaga kebersihan rambut. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi kerontokan yang terjadi pada rambut.

Share This Post