Penyebab Pusing dan Mual Saat Hamil dan Cara Menanggulanginya

Penyebab Pusing dan Mual Saat Hamil dan Cara Menanggulanginya

Memasuki masa kehamilan memang saat yang sangat didambakan oleh para calon ibu. Penantian akan datangnya buah hati di tengah-tengah keluarga akhirnya tiba. Namun menjalani masa kehamilan ini juga membutuhkan perjuangan ekstra karena biasanya akan disertai dengan pusing dan mual. Walaupun hal ini dapat menyebabkan kondisi ibu hamil menjadi tidak nyaman. Gejala tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan mudah.

Penyebab Pusing dan Mual serta Cara Menanggulanginya

Tahukah Anda mengapa ketika memasuki masa kehamilan, kondisi pusing dan mual sering dialami oleh ibu hamil? Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon pada saat kehamilan. Karena kondisi perubahan hormon yang mendadak inilah akhirnya kondisi sepeti pusing dan juga mual semakin sering melanda ibu hamil terutama ketika baru memasuki trimester pertama kehamilan.

Namun, ketika sudah memasuki trimester kedua hingga trimester akhir kondisi-kondisi ini akan semakin berkurang secara perlahan karena tubuh sudah dapat menyesuaikan kondisi dengan hadirnya janin yang berada di dalam kandungan.

Tidak dipungkiri bahwa kondisi pusing dan mual ini akan sangat mengganggu aktivitas para ibu hamil karena dapat menurunkan kondisi kesehatan yang mereka miliki. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menanggulangi permasalahan ini. Penasaran mengenai cara-caranya? Berikut akan dijelaskan informasinya.

  1. Sediakan Wewangian Segar

Bagi para ibu yang memasuki masa-masa awal kehamilan, biasanya akan cenderung lebih sensitif terhadap bau dan juga wewangian. Wangi atau bau yang mengganggu biasanya akan langsung memicu pusing dan juga mual.

Untuk mengatasinya, maka Anda dapat menyiapkan wewangian segar sepeti lemon dan juga rosemary. Aroma segar yang dihadirkan dari kedua bahan ini dijamin mampu mencegah gejala pusing dan juga mual.

  1. Konsumsi Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan yang diklaim mampu membantu mengatasi pusing dan mual yang melanda ibu hamil muda. Anda dapat menambahkan beberapa irisan jahe dan juga sedikit perasan air lemon ke dalam minuman hangat. Hal ini dijamin ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun jika ingin lebih praktis, maka mengkonsumsi permen jahe bisa menjadi pilihan yang tepat.

  1. Cukupi Konsumsi Cairan

Kurangnya asupan cairan pada tubuh ibu hamil juga dapat menjadi penyebab hadirnya gejala mual dan juga pusing. Sehingga ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka gejala-gejala tersebut akan langsung melanda.

Untuk mencegahnya, Anda dapat mengkonsumsi setidaknya 10-12 gelas air perhari. Dengan asupan cairan yang cukup, maka suhu tubuh akan terjaga dengan baik sehingga perasaan mual dan muntah tidak akan datang.

  1. Makan Buah-Buahan Segar

Mengatasi permasalahan mual ini juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan segar sepeti jeruk dan apel. Selain dapat mencukup asupan vitamin, mengkonsumsi buah segar juga dapat membantu mengatasi mual dan pusing yang biasa terjadi.

  1. Makan Secara Perlahan dan Sedikit-Sedikit

Walaupun mengalami permasalahan mual dan juga pusing pada masa-masa awal kehamilan, para ibu hamil tidak boleh mengabaikan asupan nutrisi yang harus dikonsumsi. Namun, kondisi mual mengakibatkan banyak ibu hamil yang tidak nafsu untuk mengkonsumsi makanan. Cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur jeda makanan menjadi lebih lama dan memakan dalam jumlah yang sedikit namun sering. Dengan begitu, sensasi mual dan juga pusing ketika makan dapat dihindari

Demikianlah beberapa informasi terkait faktor penyebab gejala pusing dan mual serta cara penanggulangannya. Ketikan Anda memasuki masa-masa ini janganlah takut, karena gejala-gejala tersebut dapat ditanggulangi sehingga masa kehamilan dapat dinikmati dan tidak menjadi beban.

Share This Post