Makanan-Makanan yang Mempengaruhi Perkembangan Otak Anak

Makanan-Makanan yang Mempengaruhi Perkembangan Otak Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki prestasi yang baik di sekolah. Selain itu, diharapkan anak juga senantiasa aktif dan cerdas. Banyak cara dilakukan agar perkembangan otak anak optimal saat masa pertumbuhan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan anak. Setiap nutrisi dari makanan yang masuk berpengaruh terhadap perkembangan anak, khususnya bagian otak. Oleh karena itu, nutrisi yang masuk harus diperhatikan dengan cermat agar nutrisi yang diberikan tepat sesuai dengan kebutuhannya.

6 Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan Perkembangan Otak Anak

Untuk mengembangkan otak anak, para ahli nutrisi merekomendasikan berbagai jenis makanan. Berikut adalah jenis makanan yang bisa membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

  • Ikan

Ahli nutrisi menyarankan memilih ikan dengan kandungan omega-3, omega-6, atau protein yang tinggi. Hasil studi menunjukkan bahwa kandungan tersebut berperan penting dalam perkembangan anak. Ada banyak jenis ikan yang memiliki kandungan-kandungan tersebut. Ikan salmon dan tuna merupakan jenis ikan yang sering digadangkan sebagai ikan bernutrisi tinggi dan mampu membantu meningkatkan perkembangan otak anak. Selain 2 ikan tersebut, ada juga ikan air tawar yang lebih murah meriah seperti bandeng dan cakalang. Tidak hanya meningkatkan perkembangan otak, ikan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan daya ingat anak.

  • Sayuran berwarna

Sayuran berwarna seperti wortel dan tomat menunjukkan dalam makanan tersebut terdapat kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan merupakan zat yang dapat membantu perkembangan otak dan juga melindungi dari radikal bebas. Semakin berwarna suatu sayur, kandungan antioksidan di dalamnya semakin tinggi. Selain antioksidan, dalam sayuran juga ada banyak vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Perlu diperhatikan, jangan terlalu lama dalam merebus sayur agar nutrisi tidak rusak.

  • Buah

Sama seperti sayur, buah memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi. Ada banyak buah-buahan dengan tekstur lembut dan rasa enak yang sesuai dengan keinginan anak. Konsumsi buah secara rutin dapat memberikan nutrisi yang baik untuk anak.

  • Kacang-kacangan

Dalam kacang-kacangan terdapat banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat, mulai dari protein, karbohidrat, asam lemak, vitamin, sampai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang cukup direkomendasikan oleh ahli nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak anak. Konsumsi kacang-kacangan juga bisa membantu menjaga daya ingat anak. Anak bisa dikenalkan untuk mengonsumsi kacang hijau, kacang merah, kacang kenari, atau kacang lainnya.

  • Telur

Telur merupakan makanan yang paling sering ditemui. Tidak hanya murah, pengolahan telur juga sangat mudah. Meskipun sederhana, telur memiliki kandungan gizi yang tinggi. Telur merupakan sumber protein dan lemak. Konsumsi telur secara berkala dapat meningkatkan perkembangan otak. Hal yang perlu dipastikan sebelum konsumsi telur adalah anak tidak mengalami reaksi alergi ketika diberi telur.

  • Susu atau yogurt

Produk susu dan produk lain yang mengandung susu seperti yogurt merupakan sumber nutrisi vitamin B dan vitamin D. Kedua vitamin ini memiliki peran penting dalam perkembangan otak anak dengan meningkatkan kerja neurotransmitter di sistem saraf. Selain itu, dua vitamin ini dapat membantu memelihara proses metabolisme dan siklus hidup sel. Dalam susu juga terdapat zat besi yang dapat meningkatkan pembentukan hemoglobin yang berguna membawa oksigen ke otak.

Itulah beberapa contoh makanan yang membantu perkembangan otak anak. Ada banyak jenis makanan lain yang bisa meningkatkan kemampuan otak anak. Orang tua harus proaktif dalam memberikan nutrisi terbaik untuk anak.

Share This Post