Kelebihan Busi Iridium Dibanding yang Biasa

Kelebihan Busi Iridium Dibanding yang Biasa

Akhir-akhir ini, busi iridium menjadi perbincangan banyak pihak. Menurut beberapa media yang sempat melakukan tes, busi ini memang menyajikan performa yang sangat bagus. Ada beberapa kelebihan busi jenis iridium daripada busi jenis konvensional seperti lebih tahan panas, api lebih fokus, dan lain-lain. Masih banyak lagi kelebihan busi iridium dibandingkan jenis busi biasa. Untuk lebih memahami kelebihan dari busi iridium, silakan simak penjelasan di bawah ini.

5 Kelebihan Busi Iridium Daripada Busi Biasa

  1. Lebih Tahan Panas

Kelebihan yang pertama ada di ketahanan busi iridium ini saat menerima panas. Iridium merupakan bahan yang mampu menanggung panas hingga 25000 celcius. Hal ini tentu saja sangat berguna karena busi akan bekerja langsung di ruang pembakaran yang notabene memiliki suhu tinggi. Karena ketahanannya ini, iridium sering diaplikasikan pada mesin-mesin balap yang cenderung menekan kerja mesin agar tetap optimal dari awal sampai akhir. Kelebihan ini tidak dimiliki oleh busi biasa karena bahan platinium tidak bisa menahan panas hingga sebegitu tinggi di ruang pembakaran.

  1. Inti Elektroda Lebih Kecil

Setiap busi memiliki inti elektrode di ujungnya yang berfungsi memercikkan api ke ruang pembakaran. Di busi konvensional, ujung eketrodanya lebih besar dengan diameter mencapai 2.5 mm. Efeknya, api yang dipercikkan tidak Ida fokus dan cenderung menyebar. Ujung elektrode yang besar juga membuat tegangan listrik yang dibutuhkan oleh busi menjadi lebih besar. Berbeda dengan iridium. Iridium memiliki inti elektrode yang sangat kecil,hanya sekitar 0,4 mm saja. Hal ini membuat percikan api yang dihasilkan menjadi jauh lebih fokus. Selain itu, tidak dibutuhkan suplai listrik yang besar agar busi bisa memercikkan api.

  1. Proses Pembakaran Lebih Efisien

Kelebihan berikutnya masih berhubungan dengan hasil percikan api dari busi iridium. karena api yang dipercikkan lebih fokus, maka hasil pembakaran pun menjadi lebih efisien. Tidak ada pembakaran yang sia-sia dan menghabiskan listrik serta bensin. Setiap suplai listrik sebesar apapun akan diubah iridium menjadi percikan api untuk kemudian di suplai ke ruang pembakaran. Hal ini juga akan berimbas pada starter motor yang menjadi lebih mudah. Tidak perlu menghidupkan motor berkali-kali karena risiko pembakaran gagal jauh lebih minim.

  1. Jauh Lebih Awet

Daripada busi konvensional, busi jenis iridium juga diklaim jauh lebih awet. Hal ini tidak lain adalah karena bahan material yang digunakan untuk mencetak busi itu sendiri. Menurut beberapa pihak yang sudah melakukan pengujian pada iridium, di dapatkan fakta bahwa busi jenis iridium memiliki ketahanan hingga 10 kali lipat daripada busi biasa. Tidak mengherankan karena memang iridium didesain untuk bertahan di ruang pembakaran dengan suhu ekstrem.

  1. Meningkatkan Tenaga Mesin

Meskipun tidak terlalu signifikan, busi iridium juga terbukti bisa menaikkan tenaga mesin. Hasil dari pembakaran yang efisien adalah tenaga mesin mampu meningkat hingga 3%. Jumlah kenaikan tersebut mungkin tidak akan terasa jika digunakan pada mesin-mesin harian. Hanya saja jika digunakan pada mesin kompetisi, jumlah 3% tersebut jelas menjadi pertimbangan tertentu. Anda sendiri bisa merasakannya sendiri jika sudah diaplikasikan di motor kesayangan Anda. Jika memang terjadi lonjakan tenaga, berarti iridium terbukti mampu meningkatkan tenaga mesin motor Anda.

Itulah beberapa kelebihan busi iridium dibandingkan dengan busi biasa. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, busi ini tentu juga dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Jika busi biasa ada pada rentang harga Rp 30 sampai 60 ribu, maka harga paling murah busi jenis iridium saat ini adalah Rp 110 ribu.

Share This Post