Cegah Kena Sakit Jantung dengan Makan 3 Buah Cokela

Cegah Kena Sakit Jantung dengan Makan 3 Buah Cokela

Coklat sebagai bahan makanan bersal dari biji kakao yang kemudian diolah dan difermentasi terlebih dahulu agar dapat menghasilkan coklat yang dapat dinikmati rasanya. Sebab bila tidak, rasa asli dari biji kakao ini sangatlah pahit. Ada beberapa proses yang harus dilewati oleh biji kakao murni untuk menjadi coklat yang lezat untuk disantap. Diantaranya adalah fermentasi, pengeringan, pemanggangan, dan penggilingan. Proses yang cukup lama itu ternyata membuahkan hasil yang tidak mengecewakan, karena memang coklat sangatlah lezat.

Mengonsumsi cokelat dalam porsi moderat, menurut ilmuwan, dapat menjaga kesehatan jantung sekaligus mencegah gagal jantung. Dalam riset yang melibatkan sekira satu juta partisipan itu diungkap berapa jumlah atau batas konsumsi cokelat yang berpengaruh positif untuk kesehatan. Jumlah ideal yang ditemukan adalah tiga batang per bulan, sudah cukup untuk tetap membuat jantung kita sehat. Setidaknya risiko penyakit jantung akan ditekan sampai 23 persen lebih rendah dibanding orang yang tak pernah makan cokelat sama sekali.

Mencegah penyakit jantung bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan makan tiga buah coklat batang per bulan. Bagaimana bisa? Ternyata pernyataan itu adalah berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh ilmuwan dan telah di paparkan dalam konferensi European Society of Cardiology di Munich, Jerman.

Perlu di garis bawahi juga bahwa terlalu banyak makan coklah batangan secara berlebihan juga mengakibatkan berdampak tidak baik bagi kesehatan malah dapat meningkatkan risiko sakit jantung sampai 17 persen, bisa bahaya juga loh.

Kandungan bermanfaat yang ada pada cokelat dan baik bagi kesehatan jantung bernama flavonoid.

Cokelat sebagai sumber flavonoid adalah diet yang penting. Cokelat mereduksi inflamasi dan meningkatkan kolesterol baik,” jelasnya dilansir laman The Telegraph seperti di bawah ini.

Namun cokelat tinggi kandungan lemak tak jenuh. Jadi saran saya konsumsilah cokelat dalam jumlah sedang untuk menjaga kesehatan,” jelas Chayakrit Krittanawong, doktor di Icahn School of Medicine di Mount Sinai New York, dan ketua tim riset.

Semoga info ini sedikit banyaknya bermanfaat bagi kita semua.

Share This Post