Cara Mengusir Lalat yang Biasa Mendekati Makanan di Rumah

Cara Mengusir Lalat yang Biasa Mendekati Makanan di Rumah

Lalat adalah hewan yang terkenal membawa kuman penyakit. Hal itu dikarenakan lalat biasanya hinggap di tempat-tempat kotor seperti misalnya di kotoran atau pembuangan sisa makanan. Di sisi lain lalat juga sering hinggap di makanan manusia dan makanan hewan. Itu sebabnya makanan yang dihinggapi lalat yang kemudian dimakan manusia bisa membuat penyakit di orang yang memakannya. Sejumlah penyakit yang disebabkan oleh lalat antara lain tifoid, disentri, kolera, serta diare. Lalat sendiri mudah ditemukan dimana-mana. Populasinya semakin meningkat dari hari ke hari. Untuk menghindari lalat yang datang, Anda bisa mencoba lima cara mengusir lalat di bawah ini.

5 Cara Mengusir Lalat yang Terbilang Ampuh

  1. Cengkeh

Selain bisa digunakan untuk memasak, cengkeh juga dapat dipakai untuk mengusir lalat yang datang. Aroma dari bahan yang satu ini terbilang pekat. Lalat tidak menyukai aromanya, jadi bahan ini bisa mengusir lalat dengan alami. Cara yang harus Anda lakukan adalah dengan merendam biji cengkeh di dalam wadah yang sudah diisi air. Taruh wadah itu di tempat atau titik yang sekiranya banyak didatangi lalat. Jika Anda ingin menggabungkannya dengan bahan lain juga bisa, misalnya saja apel. Tusuk apel itu dan letakkan di atas meja makan. Kombinasi apel dan cengkeh membuat lalat enggan untuk menghampiri makanan yang ada di sana.

  1. Daun Pandan

Aroma harum dari daun pandan juga tidak disukai lalat. Karena pembasmiannya secara alami, maka makanan tidak akan tercemari dengan bahan kimia. Cara menggunakan daun pandan untuk mengusir lalat adalah dengan mengirisnya kecil-kecil. Letakkan irisan daun pandan di wadah yang sudah disiapkan. Letakkan wadah tersebut di titik yang sering didatangi lalat seperti misalnya meja makan. Dengan begitu maka lalat tidak akan datang lagi ke sana.

  1. Lilin

Anda mungkin kerap melihat lilin dipasang di warung atau tempat makan. Walaupun siang hari dan tidak mati lampu, namun lilin juga diletakkan di sana. Fungsinya tidak lain adalah untuk mengusir lalat. Lilin bisa mengusir lalat karena hawa panas yang dikeluarkannya membuat lalat enggan mendekati. Itu sebabnya makanan bisa terjaga karena lalat tidak berani mendekati lilin. Akan tetapi dalam penggunaan cara mengusir lalat ini Anda harus berhati-hati supaya tidak menimbulkan kebakaran.

  1. Plastik Berisi Air

Jika Anda terburu-buru dan tidak sempat menyediakan ketiga bahan di atas, maka coba dengan memakai plastik dan air saja. Cara tradisional ini juga banyak diterapkan di warung. Plastik yang berisi air bisa membiaskan cahaya. Bias cahaya tersebut bisa mengacaukan penglihatan dari hewan tersebut. Lalat akan jadi bingung dan meninggalkan titik yang diberi plastik itu. Cara mengusir lalat ini juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan plastik dan isilah dengan air. Taruh plastik itu di bawah lampu dan tunggu hasilnya.

  1. Cuka Apel

Cara mengusir lalat selanjutnya adalah menggunakan cuka apel. Cuka atau hasil fermentasi ini mempunyai aroma yang sangat menyengat. Tak heran jika cuka apel kerap dipakai untuk umpan dalam menangkap lalat. Cara mengatasinya adalah dengan menyiapkan botol air mineral kosong. Guntinglah sisi tengah dan tuang cuka tersebut sampai memenuhi separuhnya. Jika sudah maka tutup botol itu dengan memakai kertas atau plastik. Jangan lupa buat lubang kecil di penutupnya. Lubang tersebut berguna supaya lalat bisa masuk ke dalamnya. langkah terakhirnya adalah letakkan botol cuka itu di tempat yang kerap dihampiri lalat.

Demikianlah lima buah cara mengusir lalat yang mudah dilakukan. Anda tidak akan kesulitan mendapatkan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Bagaimanapun pencegahan akan lebih baik daripada harus mengobati. Jadi terapkan salah satu dari lima cara di atas supaya lalat tidak datang dan membawa penyakit lagi.

 

Share This Post