Cara Mengatasi Bau Kaki yang Sederhana

Cara Mengatasi Bau Kaki yang Sederhana

Bau Kaki memang menjadi masalah yang sangat menyebalkan dan sulit untuk dihindari. Tak dapat dipungkiri jika aktivitas sehari-hari yang mengharuskan menggunakan sepatu terkadang justru membuat kaki menguarkan bau yang tak sedap. Meski begitu, akibat kaki yang tidak pernah dibersihkan secara maksimal juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Secara alami tubuh memproduksi kelenjar keringat di berbagai tempat, dan salah satunya adalah kaki. Bahkan terdapat penelitian yang mengatakan jika keringat yang dihasilkan oleh bagian kaki, lebih besar dibandingkan daerah lainnya.

Inilah 5 Cara Ampuh untuk Mengatasi Bau Kaki yang Tak Sedap

Meski sudah mencoba beberapa cara untuk menghilangkan aroma kaki yang tak sedap, terkadang bau tersebut masih kerap kali muncul. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa cara yang benar-benar ampuh untuk menghilangkan bau tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berendam menggunakan air lemon

Selama ini kebanyakan orang-orang memilih menggunakan air garam sebagai salah satu upaya untuk menghilangkan bau kaki yang tak sedap. Meskipun bisa, namun sebenarnya cara tersebut dinilai kurang ampuh untuk menghilangkan bau. Dengan menggunakan air rendaman lemon yang kaya akan vitamin C dan mineral, dapat memberikan sensasi segar terhadap kaki dan membuatnya selalu tampak bersih terawat. Cara ini juga sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar 15 menit saja sudah cukup.

  1. Berendam menggunakan baking soda dan cuka

Mungkin sebagian dari Anda tidak pernah membayangkan jika percampuran antara baking soda dan cuka mampu menghilangkan bau kaki yang tak sedap. Kandungan yang ada di dalam cuka bisa meminimalisir adanya kuman-kuman yang bersarang di kaki. Namun, sebelumnya Anda harus memastikan jika tidak memiliki luka yang belum kering di daerah kaki, sebab jika terkena air cuka bisa membuatnya menjadi tambah sakit.

  1. Kopi

Untuk cara ini sebenarnya sudah banyak terbukti dikalangan masyarakat. Setelah menyeduh kopi, sebaiknya jangan dibuang terlebih dahulu ampasnya yang berwarna hitam. Ambil dan kemudian campur dengan minyak kelapa agar bisa digunakan sebagai scrub. Aroma kopi yang harum dengan campuran minyak kelapa tentu tidak akan menimbulkan bau yang tak sedap. Selain itu, dengan menjadikan keduanya scrub dapat mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bau pada kaki. Jika ingin mendapatkan sensasi segar pada scrub tersebut bisa mengganti air biasa dengan air perasan lemon.

  1. Gunakan sabun anti bakteri dan jamur

Jika ingin cara yang lebih praktis dan tanpa ribet, Anda bisa menggunakan perlindungan dari sabun anti jamur dan bakteri yang sudah terpercaya. Banyak sekali produk-produk yang diyakini mampu menghilangkan bau kaki secara instan. Setelah memilah-milah produk sabun yang dirasa berkualitas, Anda bisa mengaplikasikannya dengan cara direndam atau digunakan ketika sedang mandi.

  1. Eksfolatasi

Eksfoliasi merupakan cara untuk menghilangkan aroma tak sedap pada kaki dengan menggunakan scrub atau media-media lainnya yang dirasa ampuh. Seperti yang sudah diketahui kopi bisa menjadi salah satu scrub jika dicampur dengan menggunakan minyak kelapa. Namun, jika scrub tersebut dirasa kurang maksimal, Anda bisa mendatangi kolam ikan yang di dalamnya terdapat jenis ikan kecil-kecil yang biasanya menggigiti kaki untuk mengangkat bagian sel kulit mati.

Beberapa cara di atas dapat Anda coba untuk menghilangkan bau kaki yang membandel. Sebagai langkah pencegahan selalu gunakan kaos kaki yang bersih dan harum setiap kali menjalankan aktivitas sehari-hari.

Share This Post