3 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

3 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil di Trimester Pertama

posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Kehamilan menjadi salah satu fase yang dinanti oleh wanita yang sudah menikah. Apalagi untuk bunda yang menunggu anak pertama, pastinya banyak hal yang harus dipersiapkan. Namun seiring dengan bertambahnya usia kandungan, banyak masalah yang mulai muncul dan jika tidak segera diatasi akan mempengaruhi kondisi ibu hamil. Salah satunya kesulitan dalam menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Kondisi ini akan semakin parah pada malam hari. Karena itulah banyak wanita yang sedang mengandung lebih sering tidur di siang hari.

3 Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Kesulitan tidur di malam hari karena perut terasa kram banyak dialami oleh wanita hamil pada trimester pertama. Masalah ini bahkan bisa menyebabkan gangguan fisik dan emosi. Tingginya produksi hormon merangsang gangguan buang air kecil sehingga lebih sering ke toilet ketika malam hari. Hal ini membuat bunda tidak bisa menemukan posisi tidur yang nyaman agar bisa istirahat dengan lelap.

  1. Tidur miring ke kiri

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil seperti ini sangat dianjurkan. Tempat tidur juga harus diperhatikan kondisinya. Gunakan kasur yang empuk agar bunda tidak mengalami kelelahan. Posisi miring ke kiri tidak hanya bisa menyebabkan istirahat lebih cukup namun juga bermanfaat bagi pertumbuhan janin, dimana aliran darah dan oksigen akan lancar sehingga kesehatan ibu dan jabang bayi lebih terjamin.

  1. Tidur miring seperti huruf S

Rasa lelah yang berlebihan bisa diakibatkan karena ketidakseimbangan produksi hormon. Memasuki trimester pertama, bunda akan sangat sulit untuk tidur dan berakibat pada kondisi fisik yang kurang maksimal. Cobalah tidur dengan posisi miring membentuk huruf S. Ini bisa membuat tubuh lebih rileks sehingga tidak mengganggu kesehatan ibu dan bayi. Agar lebih maksimal khasiatnya, gunakan bantal yang empuk untuk menyangga kepala dan kasur yang terbuat dari pegas.

  1. Tidur dengan banyak bantal

Jika tidak menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, maka salah satu solusinya adalah dengan menempatkan bantal sebagai penyangga di kepala, punggung, dan kaki. Cara ini bisa membuat ibu hamil lebih rileks dan bisa tidur dengan nyenyak. Tidak hanya pada trimester pertama saja, faktanya banyak wanita yang menjalani kehamilan di trimester dua dan tiga juga tetap menggunakan posisi ini karena bisa mengurangi pegal pada bagian belakang dan nyeri pada saat kaki mengalami pembengkakan.

Menentukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sangat penting untuk membuat kondisi bayi dan bunda lebih sehat. Tidur yang cukup menjadi hal yang wajib agar perkembangan dan pertumbuhan janin bisa berjalan secara normal. Perhatikan juga asupan gizi dan istirahat cukup agar bisa menghindari masalah di usia kandungan menginjak trimester awal.

Share This Post